Minggu, 03 Juni 2018

Tutorial Belajar Pemrograman Android Untuk Pemula

Belajar Pemrograman Android - Jika anda adalah salah satu orang yang ingin bisa membuat aplikasi android, maka anda harus mempalajari pemrograman android. Hal ini wajib anda pelajari sebelum anda membuat aplikasi android.

Belajar Pemrograman Android
sumber : pixabay


Pada umumnya untuk membuat aplikasi android kita menggunakan Android Studio. Jika anda belum memiliki aplikasinya silahkan dapatkan di website resminya. Android Studio and SDK Tools.

Setelah anda mendapatkan aplikasi Android Studio, silahkan anda install seperti biasa anda menginstall aplikasi pada umumnya (saya menggunakan windows).

Belajar Java

Jika anda ingin membuat aplikasi berbasis android hendaknya anda mempelajari terlebih dahulu bahasa pemrograman Java. Karena pada pembuatan aplikasi android kita menggunakan bahasa/syntax java.

Saya menyarankan anda untuk memahami bahasa ini terlebih dahulu, karena saat kita membuat aplikasi android menggunakan Android Studio kita menggunakan bahasa Java.

Belajar OOP

Langkah berikutnya yaitu belajar OOP. Apa itu OOP? OOP adalah Object Oriented Programming yaitu metode bahasa pemrograman yang beorientasi kepada objek. Tujuan OOP yaitu mempermudah dalam pengembangan dengan mengikuti model yang telah ada.

Misal anda membuat kelas hewan yang berisi beberapa objek, jika anda menggunakan OOP maka anda tidak perlu lagi menulis ulang hewan dengan objeknya. Kita cukup memanggil kelas hewan dan objek apa yang akan kita gunakan.

Menulis Java dengan OOP

Selanjutnya jika anda sudah memahami bahasa pemrograman Java dan OOP, tulislah sebuah kode sederhana menggunakan Java dan OOP. Lakukan hal ini dengan sesering mungkin agar anda terbiasa menggunakan OOP dalam bahasa Java dan membantu Belajar Pemrograman Android.

Pada umumnya penggunaan OOP pada setiap bahasa sama, anda pasti menemukan istilah private, public, dan static. Tapi anda tidak usah khawatir karena tidak ada perbedaan yang sangat signifikan.

Mulai Belajar Pemrograman Android

Apakah anda sudah memasang aplikasi Android Studio? saya rasa anda sudah memasang, sekarang mari kita langsung belajar untuk membuat aplikasi pertama.

Buka Android Studio

Belajar Pemrograman Android Pemula

Ketika pertama kali anda membuka Android Studio maka akan disuguhkan beberapa pilihan menu. Untuk membuat project silahkan klik Start a new Android Studio Project.

Mengatur nama Projek

Sesuaikan nama aplikasi dan project location dengan kebutuhan anda, sebagai contoh gambar di atas adalah pengaturan yang saya gunakan, klik next.

Mengatur Minimal Smartphone


Pada jendelan ini silahkan anda atur untuk minimum dan maksimum versi android yang dapat menggunakan aplikasi buatan anda, jika tidak ingin riber langsung klik next saja.

Memilih template


Android Studio menyediakan beberapa template bisa kita gunakan, dimana nantinya template itu dapat kita edit sesuai dengan kebutuhan aplikasi. Jika sudah klik next lagi.

Mengatur Nama Activity


Pada jendela ini terserah mau anda rubah atau tidak nama activitynya, tapi pada tutorial ini saya biarkan bawaanya. Yang terakhir klik finish.

Pastikan anda terkoneksi dengan internet untuk mendownload graddle dan kebutuhan project anda, tunggu beberapa menit hinggal proses download selesai.

Jalankan Aplikasi Buatan Anda

Langhkah terakhir silahkan anda jalankan aplikasi yang baru saja dibuat untuk memastikan bahwa aplikasi yang kita buat berjalan dengan baik.

Untuk caranya silahkan perhatikan gambar berikut.

Menjalankan Aplikasi


Klik pada tombol yang saya kasih tanda kotak merah, jika anda benar menekannya maka akan muncul jendela pemilihan device. Sebelumnya silahkan colokan smartphone anda ke pc/laptop menggunakan USB biasa.

Memilih Device


Jika smartphone anda sukses terhubung, maka akan ada daftar nama smartphone pada jendela tersebut. Silahkan pilih dan klik ok, maka aplikasi akan otomatis terinstall dan terbuka pada smartphone anda.

Kesimpulan

Untuk Belajar Pemrograman Android diperlukan kesabaran dan ketelian yang cukup baik. Jangan anggap susah segala sesuatu, anggaplah mudah. Dengan itu maka kita akan cepat bisa membuat aplikasi android.


EmoticonEmoticon