Selasa, 05 Juni 2018

Proses Pembentukan Urine Secara Singkat Pada Manusia

Proses Pembentukan Urine pada kesempatan kali ini saya akan membagikan mengenai bagaimana proses pembentukan urine pada manusia.

Urine merupakah hasil ekresi manusia atau pengeluaran zat sisa metabolisme yang sudah disaraing oleh ginjal. Urine juga mengandung zat-zat yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia, oleh karena itu urine harus dikeluarkan agar zat-zat yang terkandung ikut keluar. Berikut akan saya jelaskan mengenani prosesnya.

Proses Pembentukan Urine Secara Singkat Pada Manusia
Sumber : google images

Filtrasi

Filtrasi atau disebut juga penyaringan adalah tahap pertama pembentukan urine. Dimana adanya kapiler darah yang bergulung-gulung dalam kapsula bowman dan menembus membran filtrasi yang terdiri dari tiga lapisan yaitu sel endotelium glomelurus, membran basiler, dan epitel kapsula bowman. Kemudian hasil penyaringan tersebut membentuk sebuah urine primer yang mengandung zat-zat glukosa, garam, dan asam amino masih dibilang bermanfaat bagi tubuh kita. Jadi urine primer ini masih serupa dengan darah akan tetapi tidak mengandung protein dan elemen seluler, seperti sel pada darah merah.

Itulah mengenai tahap proses pertama yaitu filtrasi. Kita lanjutkan ketahap proses selanjutnya.

Reabsorpi

Tahap proses reabsorpi adalah tahap dimana terjadinya penyerapan kembali zat-zat yang masih dibutuhkan oleh tubuh kita yang sebelumnya sudah melakukan tahap filtrasi. Tahap ini terjadi di dalam tubulus kontortus proksimal dan dilakukan oleh sel-sel epitelium. Fungsinya yaitu untuk menyerap kembali zat-zat di urine primer yang masih bermanfaat bagi tubuh yaitu, asam amino, blukosa, ion-ion Na+, K+, Ca, CI-, 2+, HbO42-, dan HCO03-. Pada tahap ini akan terjadi penyerapan air melalui osmosis di tubulus dan lengkung henle. 

Proses ini menghasilkan urine sekunder dengan kadar urea yang lebih tinggi dari pada urine primer. Kemudian urine sekunder ini akan masuk ke dalam lengkung henle dan terjadi osmosis air lengkung henle desender yang menjadikan urine berubah menjadi lebih perkat karena volumen urine sekunder telah berkurang.

Kita sudah menyelesaikan proses kedua, selanjutnya kita akan membahas proses terkahir pembentukan urine.

Augmentasi

Tahap terkahir yaitu tahap pengumpulan zat-zat yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh ke dalam tubulus kontotrus distal. Zat-zar sisa yang terdapat dalam tubuh akan dikeluarkan oleh darah dan menghasilkan urine yanjg sedikit mengandung air. Lalu urine menuju rubulus kolektivus untuk dibawa menuju pelvis selanjutnya yang menuju kandung kemih memalui ureter.

Demikian ulasan tentang proses pembentukan urine secara singkat pada manusia yang bisa dijadikan referensi oleh anda, jangan lupa melakukan pengeluaran urine setiap hari untuk membuatn zat-zat yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh anda.


EmoticonEmoticon